8 Sep 2011

Jerry Yang: Yahoo! Tidak Akan Dijual


Jerry Yang menegaskan perusahaan Internet raksasa itu tidak akan dijual. Pernyataan Jerry ini membantah kabar yang beredar bahwa Yahoo! akan dijual setelah mereka memecat Carol Bartz dari jabatan Direktur Eksekutif (CEO).

Kabar Yahoo! akan dijual itu dimuat oleh Wall Street Journal yang mengutip seorang sumber yang mengatakan Yahoo! tengah mencari penawar yang tepat. Berita itu pun membuat gempar. Banyak yang meminta Yahoo! untuk mengkonfirmasi rumor tersebut.
Menurut situs AllThingsD, Jerry Yang, pendiri dan mantan CEO Yahoo!, akhirnya buka suara. Dia mengatakan perusahaan yang bermarkas di Su

nnyvale, California, itu berjalan normal. Sebanyak 13.500 karyawannya juga bekerja seperti biasa.

Namun menurut Henry Blodget dari Businees Insider, pernyataan Jerry ini justru menjadi semacam tanda bahwa memang Yahoo! akan dijual. "Pernyataannya sama saja seperti memasang papan pengumuman 'DIJUAL' di halaman sebuah rumah," kata Henry.

Sedangkan sumber lain menyebutkan Yahoo! telah menyewa penasihat untuk membantu mengambil keputusan. Mereka dikabarkan menyewa perusahaan konsultan Allen&Co.

Dewan Direksi Yahoo! membuat kejutan. Carol Bartz dipecat dari jabatan Direktur Eksekutif (Chief Executive Officer) Yahoo!. Perempuan 62 tahun itu dipecat oleh Presiden Direktur Yahoo! Roy Bostock lewat telepon pada Selasa 6 September 2011.

"Saya sangat sedih telah dipecat lewat telepon, suatu kebanggaan buat saya bisa bekerja dengan Anda semua," tulis Bartz kepada karyawan Yahoo!. "Saya berharap kalian mendapatkan yang terbaik."

Carol Bartz ditunjuk menjadi CEO Yahoo! pada 2009 untuk menggantikan Jerry Yang. Namun dia mendapat banyak kritik karena kepemimpinan ataupun visinya. Yahoo! dianggap gagal mencapai peningkatan signifikan dalam pasar mesin pencari Internet dan situs jejaring sosial.

Tim Morse, yang sebelumnya menjabat Direktur Keuangan, untuk sementara mengambil alih jabatan Bartz. Yahoo! sedang berjuang meningkatkan pangsa pasarnya di tengah persaingan Google dan Facebook.

Meski sekarang kalah pamor dengan Google dan Facebook, Yahoo! tetap menjadi salah satu situs yang paling sering dikunjungi pengguna Internet. (tempo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...