10 Sep 2011

Dissidia 012 Final Fantasy

Dissidia 012 (Duodecim) Final Fantasy adalah sebuah game hibrid antara role-playing dan fighting yang kaya. Game ini menambahkan lebih banyak konten daripada game sebelumnya yang mendapatkan sukses besar. Seperti spinoffs FF lainnya, Duodecim tentunya juga memiliki kelemahan. Learning curve yang ada harus dipelajari dengan fokus, dan bagi mereka yang sabar dan tekun dalam mempelajarinya, akan menemukan keseruan di dalamnya.

Duodecim sebenarnya adalah prequel dari Dissidia FF yang diluncurkan di PSP pada 2009. Di dunia Dissidia, terdapat dua dewa yang sedang berperang; Cosmos, sang dewi keselarasan, dan Chaos, sang dewa pertentangan. Kedua dewa tersebut telah mengumpulkan para pejuang dari berbagai dunia untuk terjun ke dalam pertempuran klasik antara kebaikan dan kejahatan.


Ternyata, konflik ini merupakan siklus yang tak pernah berhenti. Duodecim menjelaskan siklus tersebut. Dalam Duodecim, para pemain akan menemukan enam jagoan FF baru. Mereka berjuang dalam pertempuran tiada akhir tersebut sambil memikirkan jalan keluarnya.

Kisah yang ada memang tidak begitu kuat dan tidak membuat kita larut di dalamnya, tapi tetap lebih baik daripada game fighting kebanyakan. Beberapa karakter juga memiliki tampilan dan prilaku yang menghibur.

Gameplay di Duodecim mirip dengan Dissidia pertama. Pertarungan terjadi di stage yang besar dan terbuka di mana dua jagoan akan bertarung satu lawan satu. Semua jagoan yang ada diambil dari game-game Final Fantasy. Ketika bertarung, setiap karakter akan memiliki bravery value dan HP. Karakter menggunakan normal attack untuk meningkatkan bravery value miliknya, dan HP attack untuk mengurangi HP musuhnya.

Jurus-jurus yang ada cukup simpel untuk dikeluarkan namun pemain harus tetap memperhatikan timing, posisi, dan pergerakan lawan. Ada banyak strategi yang bisa digunakan, tapi kalian tidak perlu mengeluarkan combo 10 tombol untuk menang! ^_^

Selain battle, gameplay yang ada cukup rumit untuk dikuasai. Namun jika kalian tekun dalam melewati bagian awal game, kalian akan mulai menemukan serunya.

Ada beberapa hal baru di Duodecim. Berbagai karakter baru untuk dimainkan dan para karakter lama juga memiliki jurus-jurus baru. Selain itu ada juga berbagai stage baru, termasuk dari FFXIII. Perubahan yang paling besar adalah assist attack. Dengan timing yang tepat, pemain dapat menggunakan assist gauge untuk memanggil karakter lainnya yang akan memberikan bantuan.
Battle system yang ada memang unik dan menyenangkan untuk dikuasai, namun kesenangan utamanya adalah variasi dalam jajaran karakternya. Di Dissidia pertama, sang developer terlihat mencampurkan berbagai hal, seperti Cecil yang memiliki dua bentuk berbeda serta sebuah karakter yang sangat bergantung pada counter. Namun mereka bekerja lebih baik kali ini. Semua karakter baru yang ada bervariasi dan membuat jajaran karakternya lebih segar.

Jika itu belum cukup, elemen RPG-nya pasti akan menarik minat. Level tiap karakter bisa dinaikkan hingga level 100, dan mereka akan mempelajari berbagai ability baru di sepanjang jalan. Pemain akan mendapatkan reward setelah menyelasaikan sebuah battle.


Bagi yang ingin sesuatu yang lebih, ada juga replay editor di mana pemain bisa melakukan camera edit dan lainnya. Untuk yang kreatif, sebuah quest editor memungkinkan pemain untuk membuat dialog dan pertarungan sendiri yang kemudian bisa di-share dengan pemain lainnya.

Pastinya, game fighting tidak akan lengkap tanpa dukungan multiplayer. Duodecim menampilkan ad hoc multiplayer yang berjalan dengan lancar. Bertarung dengan pemain lain tentunya akan lebih seru, tapi Duodecim akan sedikit lag jika karakter mengeluarkan special move, terutama jika kedua pemain mengeluarkan assist attack bersamaan. Namun di luar itu, pertarungan akan berjalan dengan lancar.

Yang paling mengejutkan dari Duodecim adalah apa yang tersaji setelah kita menamatkan campaign. Seluruh campaign dari Dissidia pertama akan terbuka, dan menampilkan semua peningkatan yang ada di Duodecim. Jadi, seperti kita beli satu game, dapatnya dua! ^_^

Memainkan Duodecim seperti mempelajari bahasa asing. Awalnya susah dan bikin stres, tapi akhirnya tidak akan mengecewakan. Jika kalian adalah tipe penyabar yang senang bereksperimen, Duodecim akan sangat menarik bagi kalian.

Kisahnya memang kurang kuat, namun hal lainnya yang ada di game ini akan menjadikan game ini sebagai game yang layak dikoleksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...